Tuhan Yang Maha Cerdas

Saya terlalu bodoh untuk paham investigasi selebritis di sebuah televisi. Bukan investigasi tentang si seleb yang cerai, atau putus sambung. Justru di acara itu, si seleb diajak untuk berinvestigasi tentang fenomena alam.

Membahas tanda-tanda alam yang belum valid secara sains tentang pengaruhnya pada bencana. Dan yang diajak ngobrol disini para artis, yang saya sendiri tidak tahu kapasitas mereka sebagai artis atau sebagai saintis. Ini lucu buat saya, kalau anda tidak mengatakan saya bodoh.

Memang saya bukan saintis juga. Tetapi sedikit ilmu bumi dan keinginan mencari tahu di google atau majalah-dan buku, cukup membantu saya mengambil kesimpulan. Saya sampai saat ini masih tidak bisa (atau berani tepatnya) mengambil kesimpulan, bahwa awan yg berbentuk aneh, atau fenomena cahaya HALO matahari ada hubungannya dengan pertanda bencana alam.

Dan cukup menggelikan ruang pikir saya juga, ketika para artis bicara, ini adalah pertanda dari Tuhan. Belum lagi ditambah iming-iming suara narator yang mengesankan memang demikian adanya. Saya jadi semakin yakin, Indonesia kekurangan bahan ajar sains di televisi.

Padahal, bagi orang bodoh seperti saya, Tuhan Yang Maha Cerdas, justru bisa memberikan tanda-tanda yang lebih jelas dan cerdas dari sekedar fenomena alam yang tidak bisa ditebak tersebut.

Silahkan lihat sekeliling anda, lingkungan anda, teman-teman anda, juga para pemimpin kita.

Berapa banyak orang disekitar kita yang masih susah kehidupannya, jika tidak boleh saya katakan miskin karena BPS memiliki data berbeda. Berapa banyak dari kita yang masih peduli untuk menyantuni mereka? Berapa banyak dari kita yang justru tergila-gila mengejar harta yang sebenarnya entah berujung dimana.

Dan seberapa adil pemimpin-pemimpin kita yang seharusnya menyejahterakan warga mereka? Jika adil terlalu berat bagi para pemimpin bangsa itu, mungkin cukuplah dengan menjaga sikap dan otak mereka untuk tidak mengurusi perut kelompok dan tembolok mereka sendiri.

Bagi saya itu adalah tanda-tanda bencana yang lebih jelas, yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Jelas lagi Maha Cerdas.

5 Comments

  1. beberapa waktu lalu saya melihat tayangan ini, saya pun cekikikan…tidak pun merasa mencekam atau ketakutan. fenomena alam yang dianalisis secara berlebihan seolah manusia adalah Tuhan ditambah para artis yang dengan ideologi “sok tau” mengucap puluhan frasa yang dia pun tidak paham. lucu. menggelitik. terima kasih telah mengulas 🙂

    Reply

  2. Kita selalu membayangkan Tuhan itu seperti manusia, dan menerapkan proyeksi kepadanya bahwa dia seperti manusia yang bisa senang dan marah (juga iri, mungkin), tapi bedanya dia supersakti eh mahasakti, mahacerdas 🙂

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.