Requiem Benazir Bhutto

Setelah beberapa waktu lalu Om saya yang jauh di utara Eropa itu meninggal dunia, kini Tante saya dari negeri selatan Asia yang menyusul beliau.

Kondisi negerinya yang sudah mulai panas, maka akan semakin panas. Di balik masalah politik lokal yang pelik, kemudian masalah militerisme vs demokrasi yang mengundang perdebatan, dan ditambah permasalahan terorisme klasik dengan membawa jargon mujahid, tentunya ada banyak tangan kepentingan politik barat yang terus membayangi perkembangan negara ini. Terlebih lagi tragedi ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi politik global di masa mendatang.

Bagi saya sendiri, tanpa adanya pion-pion politik barat yang bermain, kondisi politik lokal yang sangat menjurang antara 3 unsur negeri ini sudah cukup membuat kegentingan tersendiri. Demokrasi – Militerisme – Islam garis keras. Sebuah ramuan yang sangat manjur untuk menciptakan sakit perut. Mengingatkan saya dengan Indonesia Raya sendiri.

Terlepas dari berbagai intrik politik di dalam negeri tersebut – dan mungkin sejarah kelam si Tante dengan cap koruptor kelas kakap-nya, yang pasti ini merupakan sebuah kehilangan besar buat Negeri Mahenjo-Daro. Dan sepatutnya kehilangan besar pula bagi seluruh dunia, atas kepergian seorang pemikir dan pemimpin yang berani.

Selamat jalan Tante Benazir Bhutto.

 

Bhutto Picture from Kompas

Sebuah artikel menarik dari Arya tentang kisah hidup singkat hingga “usai” sang Tante.

Gambar diambil dari Kompas.

24 Comments

  1. bung leksa mau mewakili presiden SBY terbang ke Pakistan? Sampaikan duka yang sangat mendalam dari saia. Setuju sama pak presiden, saia jg mengutuk penembakan dan bom bunuh diri yang terjadi di Palestina. *tabur bunga utk pakistan* 🙁

    Reply

  2. Saya liat di berita tadi malam. RCTI langsung menayangkan kehebohan di sana pasca penembakan Bhutto. Saya cuma membatin, sungguh wanita yang luar biasa.

    Reply

  3. @venus : yang pasti akan sangat banyak konspirasi seputar tragedi ini 🙂

    @praditya : @};- iya.. sama..

    @alle : aku juga baru tahu jam 4 tadi,.. padahal kejadian semalam 🙁

    @annots : kalo SBY meminta saya, pasti mau dunk .. jalan2 ..hahah

    @ratie : aku ga lihat,.. 🙁 selain tadi abis nonton via youtube .. 🙁

    @rozenesia : aku kira ini manisan politik 🙂

    @tukangkopi : doaakn aja Bro.. @};-

    Reply

  4. hmmm …. tadi malem pas lagi nonton acara kurang mutu, tiba2 ada breaking news ini. memang belio ini tokoh karismatik sungguh … sampe itu bapak2 jenggotan juga ikutan nangis2.
    tp adegan penembakannya keknya belum ada ya? cuman detik-detik terakhirnya aja.

    Reply

  5. gw juga baru taunya dari temen chat gw di amerika…geblek!! baru balik ke negerinya sendiri, malah jadi korban! bener2 deh…turut berduka untuk beliau…she is great woman!

    Reply

  6. Turut berduka cita, aku juga kaget pas ga sengaja denger beritanya di tv 🙁

    Thanks ya udah mampir ke blog ku. Gw juga suka capuccino. Layoutnya keren loh gw suka gambar cewe lagi megang cangkir kopi di pojok kiri sama background batiknya

    Reply

  7. turut berduka cita.. semoga arwah dan amal ibadah almarhumah diterima disisi-Nya dan pakistan semoga tetep dalam keadaan damai.. tanpa rusuh2.. amin.. ga juga di pakistan tapi di seluruh dunia israel palestina irak amerika dll…

    Reply

  8. Ada sebuah komentar terngiang di telinga saya:
    Jika melihat dari sejarah hidupnya dari kecil hingga kematiannya nyaris sama sekali tidak ada rasa simpati sedikitpun yang dapat saya berikan kecuali secara resmi dia beragama Islam walau dalam kesehariannya sejak kecil hingga menemui kematiannya, Benazir jauh dari nilai-nilai agama yang dianutnya
    (copas lagi komentar sebuah blog)

    Dan saya cukup setuju,
    sjauh ini media2 yg saya simak banyak mengungkit2 masalah latar belakang kehdupan Butho yg konon jauh dari kehidupan religius ato agamais, dia terkesan sering dugem, ngeroko, manja semasa gadisnya.
    Bahkan, katanya lagi sewaktu akan jd senat mahasiswa di kampusnya Oxford, dia menggunakan kelebihan fisiknya untuk menarik simpati para voter laki2, ck ck ck [-(

    But, jauh dari itu,
    saya juga cukup ternyengang karena Pakistan masih punya sosok wanita tangguh spt dia,
    slama ini saya pikir wanita Pakistan setipe smua,
    jauh dari kesan modern 🙂

    Reply

  9. Owya, satu lagi yg kelupaan 😛
    ini pelajaran aja buat saya, JANGAN ASAL SIMPATI KALO BAHKAN ANDA SENDIRI TIDAK TAU DIA ITU SIAPA 🙂

    sekian, terima kasih 😀

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.