Keep Update Online dengan Google Gear

Google kembali meluncurkan product baru yang dinamakan Google Gears. Ketika gue pertama kali mencoba untuk menggunakan produk ini, yang pertama kali ada diingatan gue adalah Offline Explorer atau program sejenis, yang memungkinkan kita untuk browsing secara offline. Dulu gue sering menggunakan produk ini untuk menghemat waktu online dan kadang-kadang nakalnya gue untuk sekedar meng-klon website bersangkutan..hahaha…

Google’s VP of Engineering, Jeff Huber, mengumumkan rencana-rencana pengembangan Google dalam Acara Google Developer Day, 31 Mei 2007. Namun pengumuman paling menarik adalah tentang peluncuran produk Google terbaru, Google Gears, sebuah aplikasi open source berbasis plugin browser yang memungkinkan para developer untuk mengembangkan kapasitas aplikasi google secara offline maupun online.

Plugin yang berukuran 700K ini dapat didownload untuk Firefox 1.5+ dan Internet Explorer 6.0+. Saat ini plugin ini dapat menginstal 3 API, yaitu “Data Store Objects Creation” yang memungkinkan menyimpan informasi aplikasi daam komputer secara lokal. Kedua adalah aplikasi SQLite databse untuk manajemen data. Dan ke-tiga adalah bagian paling vital yaitu aplikasi yang memungkinkan AJAX/Javascript bisa men-sinkron-kan kedua bagian sebelumnya dalam browser (jika berlangsung secara offline). Masih ada aplikasi-aplikasi API pendukung lainnya yang bisa dilihat di situs Google Gears.

googreadgears.pngDemo pertama yang diluncurkan dalam aplikasi Google Gears ini adalah Google Readers. Kebetulan gue juga menggunakan google reader di dalam Google Page nya gue. Dengan fasilitas Google Gears, secara otomatis akan men-download subscription anda di Google Reader ke dalam PC, sehingga bisa dibaca dan dieksplorasi secara offline (atau juga online kalau memang sedang online).

Keunggulan dari Google Gears ini adalah kemampuannya mensinkronisasi segala aktifitas offline anda dengan server Google segera setelah anda online kembali. Memanfaatkan Asynchronous JavaScript API yang memotori aplikasi ini, memungkinkan segala perubahan, editing, sharing, maupun tagging ketika offline, akan disinkronisasikan kembali ketika online. Dalam arti, ada interaksi yang aktif antara PC user dan server Google, sama halnya dengan aplikasi Google Earth.

Saat ini masih berjalan dalam versi beta. Sekaligus mengumpulkan feedback dari para developer program-program aplikasi komputer, sehingga dapat meyakinkan bahwa Google Gears akan menjadi tools developer program open source yang sangat powerful.
Mungkin bagi pengguna internet luar negeri (kita harus bedakan User Internet luar negeri dan Indonesia), internet adalah salaha satu kebutuhan hidup yang murah. Sehingga penggunaan produk seperti ini hanyalah masalah efektivitas dan efesiensi waktu. Tetapi bagi pengguna Indonesia, yang notabene harga internet adalah sebuah kemewahan gaya hidup, dimana sebagian besar user-nya masih ada di warnet-warnet, produk ini tentunya belum begitu berpengaruh.

Sedikit tips dari gue bagi user di tanah air, jika menggunakan Google Gears ini (atau produk serupa dengan ini), gunakan akses internet yang billing-nya berbasiskan waktu (jam), bukan perhitungan berdasarkan Rp/byte. Karena bagaimana pun, tetep saja proses donloa/upload memakan banyak bandwith. Kebayang aja kalo make biling Rp/kb,.. bisa modar siah…

One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.