Alpha Dog (2007) – When a Murder Caused The Unpredictable Situation

Cover of Alpha Dog MovieFilm ini berdasarkan kisah nyata dari kasus Jesse James Hollywood, Top Ten Most Wanted FBI yang akhirnya tertangkap 2005 lalu, atas kasus narkoba dan kasus pembunuhan Nicholas Markowitz, seorang remaja 15 tahun yang terbunuh karena kesalahpahaman dalam urusan utang Narkoba. (Itu yang gue tangkap dari beberapa bahasan tentang kasus ini di Google).

Dalam film ini, nama asli dari tokoh kasus cerita sebenarnya disamarkan sebagai pengedar narkoba mid-class yang masih muda, Jhonny Truelove(Emile Hirsch) . Cerita film ini menggambarkan kondisi muda-mudi Hollywood yang akrab dengan sex, party and drugs. Jake Mazursky (Ben Foster), seorang seller dan user narkoba memiliki utang kepada Jhonny. Hubungan keduanya memburuk yang berakibat pada perang antar geng kecil2an.

Kisah ini menjadi rumit secara emosional ketika Zach Mazursky (Anton Yelchin), adik Jake, diculik tanpa rencana. Hanya karena mereka berpas-pasan dijalanan, Jhonny dan geng-nya menghentikan van mereka dan memaksa Zach untuk ikut mereka. Keluarga Zach mulai panik anaknya hilang (ibu Zach diperankan dengan mantaph! oleh Sharone Stone..). Padahal Zach sendiri mengalami hari2 bersama geng Jhonny baik2 saja. Mengikuti berbagai pesta, party, bahkan memperoleh pacar baru sekaligus eksplorasi sex pertamanya bersama seorang wanita Julie Beckley (Amanda Seyfried).

Emosi dan rasa penasaran penonton diaduk2 hingga akhir cerita karena sosok Frankie “Nuts” Ballenbacher (Justin Timberlake), yang selama ini merawat Zach dan membawanya dari satu party ke party yang lain. Mengenalkannya dengan teman2nya dan bersenang-senang bersama. Bahkan Frankie sudah melihat Zach seperti adik-nya sendiri. Peran emosional ini dimainkan dengan baik oleh JT (setelah sekian lama gue ragu ama ini aktor, tapi di film ini overall dia hebat).

Film ini memang harus berakhir tragis. Namun sangat layak untuk dinikmati. Belum lagi diramaikan bintang2 senior seperti Bruce Willis yang berperan sebagai ayah Jhonny, dan beberapa aktor senior serial laris manis TV America. Ohya. satu lagi, film ini ditulis oleh Nick Cassavetes, yang beberapa waktu lalu juga mensutradarai film sejenis (genre drugs & crimes True Story), berjudul Blow (2001) diperankan Johny Deep. Kehebatannya dalam menggambarkan tokoh kejahatan dari sisi mereka, sebagai personal yang menjalani kejahatan tersebut. Dan sukses NIck diakui dengan diputarnya film Alpha Dog ini dalam Sundance Festival beberapa bulan lalu.
Dan sepertinya gue mulai suka dengan film2 yang memiliki sudut pandang personal kriminal begini. Mungkin bagus juga kali ya, kalo ada film dengan sudut pandang dari koruptor, seperti yang dibuat Dedy Mizwar.

Ada yang mau share film sejenis?

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.